Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bertujuan untuk Prestasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Pengajaran Kosakata dengan Tiga Tahap Pengajaran Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Palopo Kecamatan Wara Utara Kota Palopo. Subjek penelitian ini adalah Kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Palopo dengan jumlah siswa 33 orang. Pelaksanaan tindakan dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus 1 dan siklus II,  dan setiap siklus terdiri dari beberapa tahap, yaitu tahap refleksi awal, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang terkumpul selanjutnya diolah dengan menggunakan analisis statistik deskriptif  kuantitatif dan kualitatif.


Tujuh hari setelah diadakan Pre-test, diberikan pelajaran kosakata dengan menggunakan tiga phase pengajaran. Selesai proses belajar mengajar lansung diadakan test daya serap yang merupakan test tabap pertama setelah diadakan proses. Dan hasilnya adalah sebagai berikut. Rata-rata 4.49 7.76 72.82 . Dari data ini bisa dilihat, setelah diadakan proses belajar mengajar: 1. Seluruh siswa atau 100 % siswa mengalami peningkatan. Ini berarti pengjaran dengan tiga phase ini cukup efektif. 2. Peningkatan perolehan siswa cukup significant yaitu 72.82 %. 3. 11 orang dari 40 siswa, atau 27.5% dari siswa memperoleh peningkatan lebih dari 100%.


Hasil Test Tahap kedua Rata-rata 8.15. Ujian tahap kedua ini dilakukan pada bulan Juli 2020. sedangkan tahap pertama pada bulan Juni 2020. Berarti jangka waktunya sekitar 3 bulan. Perbandingan hasil daya serap tahap pertama dan tahap kedua adalah sebagai berikut : 1. Test yang diadakan setelah 3 bulan dari proses pembelajaran hasil tidak menurun seperti yang diduga semula, tapi meningkat dari 7,76 menjadi 8,15 atau meningkat 15 %. 2. Dari 33 orang siswa 30 orang atau 67.5 %  mengalami peningkatan, 7 orang atau sekitar 17,5 % mengalami penurunan sedangkan 6 orang atau sekitar 15 % hasilnya tetap, sehingga dapat dikatakan penguasaan kosakata siswa siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Palopo Kecamatan Wara Utara Kota Palopo mengalami peningkatan dalam pembelajaran. 

Kata Kunci

Student Achievement Three Stages of Teaching Vocabulary Mastery Prestasi Siswa Tiga Tahap Pengajaran Penguasaan Kosakata

Rincian Artikel