Isi Artikel Utama

Abstrak

Langkah penelitian ini adalah mulai dari perencanaan, observasi sebelum pelaksanaan, penelitian, observasi pada saat pelakasanaan penelitian dari siklus I sampai dengan siklus II dan dilakukan pengolahjan data secara deskriptif komperatif serta diadakan refleksi dari masing-masing siklus. Brdasarkan hasil dari pengamatan diketahui, bahwa sebelum diterapkan sangsi berjenjang pada siswa SMA Negeri 1 Palopo, tingkat disiplin siswa sangan t rendah dibawa nilai rata-rata standar yaitu 5,2. Begitu pula nilai rata-rata rasa tanggung jawab siswa dengan rata-rata kategori D yaitu dengan nilai 4,9. Dan kalau digabungkan antara nilai sikap dan nilai tanggung jawab maka nilai rata-rata 5,1 (D). pada siklus I ini diketahui bahwa pada kategori tingkat disiplin siswa nilainya masih rendah yaitu nilai (C). Sedangkan pada kategori rasa tangguing jawab siswa mencapai nilai cukup (C) yaitu nilai rata-ratanya 6,7. Namun pada poin mengerjakan tugas rumah dengan nilai (D) yaitu 5,4. Dengan adanya kekurangan yang ditemukan pada siklus I ini, maka peneliti mencari solusipemecahandengan meningkatkan sanksi terhadap siswa yang melanggar ataupun dengan cara-cara lain namun siswa tidak merasa terpaksa melakukan ataupun melaksanakan tugas (tindakan) secara tulus dan ihklas. Cara tersebut adalah dengan memberikan pembinaan kepada siswa, agar mereka secara sadar dan ihklas melakukan kegiatan yang bersikap disiplin dan memiliki raa tanggung jawab penuh terhadap tugas hariannya.


Dengan perbaikan tersebut maka pada siklus II hasilnya diketahui bahwa tingkat disiplin siswa Kelas X IPS 4 SMA Negeri 1 Palopo Kecamatan Wara Utara Kota Palopo mencapai nilai rata-rata 8,6 (dalam kategori sangan baik). Sedangkan pada tingkat tanggung jawab siswa mencapai nilai 8,5 (sangat baik). Namun yang menjadi catatan pada penelitian ini adalah bahwa pada kategori mengerjakan tugas rumah yang hanya mampuh mencapai nilai pada kategori cukup (C) yaitu dengan nilai rata-rata 6,7.

Kata Kunci

Discipline Responsibility Tiered Sanctions Disiplin Tanggung Jawab Sangsi Berjenjang

Rincian Artikel