Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas.  Masalah yang diteliti adalah: (1) apakah dengan menggunakan pendekatan Contekstual and learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalm proses pembelajaran matematika pada siswa di kelas X MIPA 4 SMA Negeri 1 Palopo Kecamatan Wara Utara Kota Palopo, dan (2) apakah penggunaan pendekatan Contekstual and Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas X MIPA 4 SMA Negeri 1 Palopo. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuesioner  dan tes. Jenis data yang dikumpulkan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis persentase dan teknik analisis deskriptif.


Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) penerapan pembelajaran dengan pendekatan Contekstual and Learning dapat meningkatkan perhatian dan motivasi belajar siswa pada materi Dalil Phytagoras pada siswa di kelas X MIPA 4 SMA Negeri 1 Palopo Kecamatan Wara Utara Kota Palopo, dan (2) penerapan pembelajaran yang dilaksanakan dengan menerapkan strategi pendekatan pembelajaran Contekstual and Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika  siswa pada materi Dlil Phytagoras di kelas X MIPA 4 SMA Negeri 1 Palopo.


Pembelajaran yang menerapkan strategi pembelajaran bebasis masalah dapat memperbaiki kondisi belajar mengajar ke arah yang lebih baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapkan strategi pembelajaran dengan pendekatan Contekstual and Learning  siswa dapat: (1) meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi Dalil Phytagoras, (2) meningkatkan proses dan keaktifan belajar siswa pada pokok materi Dalil Phytagoras, (3) menciptakan situasi pembelajaran yang kondusif, dan (4) meningkatkan hasil belajar siswa pada pdad materi Dalil Phytagoras.

Kata Kunci

CTL Learning Learning Outcomes Pembelajaran CTL Hasil Belajar

Rincian Artikel