Isi Artikel Utama

Abstrak

Latar belakang penelitian ini dilaksanakan karena pentingnya upaya peningkatan kualitas proses dan hasil belajar melalui berbagai cara atau strategi pembelajaran yang optimal. Dimana guru memegang peranan yang sangat penting dalam menyiapkan siswa mengikuti pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: peningkatan kualitas proses dan hasil belajar dengan experiental learning siswa kelas X MIPA 5 SMA Negeri 1 Palopo.

Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas, yang menyelidiki faktor siswa, faktor guru dan proses dan hasil belajar siswa. Lokasi penelitian ini SMA Negeri 1 Palopo, kelas  sebanyak 35 siswa pada Semester Genap tahun pelajaran 2006/2007. Implementasi tindakan terdiri dari 2 (dua) siklus yang diikuti oleh kegiatan Observasi dan Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan experiental learning dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran siswa. Tanggapan siswa terhadap penggunaan experiental learning sangat positif, dan Prestasi belajar siswa meningkat pada setiap siklusnya.


 

Kata Kunci

Process Quality Learning Outcomes Experiential Learning Kualitas Proses Hasil Belajar Experiental Learning

Rincian Artikel