Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran konsep pemantulan dan pembiasan cahaya pada siswa kelas V SD Negeri 243 Ujung Salangketo Kabupaten Bone melalui penerapan pendekatan kontekstual. Objek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 243 Ujung Salangketo Kabupaten Bone yang berjumlah 25 orang (laki-laki: 12 orang, perempuan: 13 orang). Pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini berupa tes, observasi, dan dokumentasi. Jenis data yang diperoleh meliputi data kualitatif dan data kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes belajar, observasi dan catatan lapangan, dimana dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas (PTK) dilakukan dalam tiga siklus dengan melalui beberapa tahapan untuk tiap siklus yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menujukkan bahwa setiap siklusnya mengalami peningkatan yang cukup signifikan, yakni pada tindakan siklus I tingkat penguasaan mencapai 51,60%,  kemudian pada tindakan  siklus II tingkat penguasaan mencapai 71,60% untuk materi Pemantulan Cahaya, sedangkan pada tindakan siklus III tingkat penguasaan mencapai 83,40% untuk materi Pembiasan Cahaya. Dengan demikian, dengan menggunakan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam memahami materi Pemantulan dan Pembiasan Cahaya di Kelas V SD Negeri 243 Ujung Salangketo Kabupaten Bone.

Kata Kunci

Contextual Approach Science CAR Pendekatan Kontekstual IPA PTK

Rincian Artikel