Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri 73 Lautang melalui model Cooperative Script dengan media gambar seri. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksa- nakan dalam tiga siklus dengan setiap siklus dilaksanakan dalam satu kali perte- muan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V dan guru kelas V di SD Negeri 73 Lautang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan guru siklus I men- dapat skor 23dengan kategori baik, siklus II mendapat skor 28 dengan kategori sangat baik, dan siklus III mendapat skor 30 dengan kategori sangat baik; (2) aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor rata-rata 20,3 dengan ketegori cukup, siklus II memperoleh skor 24 dengan kategori baik, dan siklus III memperoleh skor 29,1 dengan kategori sangat baik; (3) persentase ketuntasan klasikal keterampilan menulis ringkasan isi buku pada siklus I sebesar 44,4%, siklus II sebesar 61,1%, dan siklus III sebesar 83,3%. Simpulan dari penelitian ini adalah model Cooperative Scriptberbantuan media gambar seridapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis ringkasan siswa kelas V SD Negeri 73 Lautang. Saran untuk perbaikan pendidikan dan proses pembelajaran adalahguru memotivasi siswa agar tertarik mengikuti pembelajaran dan pengkondisian kelas sebaiknya dilakukan sebelum pembe- lajaran dimulai agar kondisi kelas saat pembelajaranlebih kondusif.

Kata Kunci

Cooperative Script Series Drawing Summary of Book Contents Cooperative Script Gambar Seri Ringkasan Isi Buku

Rincian Artikel