Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Masalah penelitian ini, yaitu: Apakah dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa kelas VII SMP Negeri 9 Palopo Kecamatan Telluwanua Kota Palopo dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia, dan Subyek penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 9 Palopo .


Berdasarkan hasil analisis data bahwa, penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran membaca puisi dapat meningkatkan proses belajar membaca puisi bagi siswa kelas VII SMP Negeri 9 Palopo Kecamatan Telluwanua Kota Palopo.  Pada siklus I dan siklus II terungkap bahwa tes prestasi kemampuan membaca puisi yang dilakukan guru sesuai dengan maksud untuk menggambarkan prestasi belajar siswa. Keberhasilan tes membaca puisi dapat diketahui dari rata-rata tes siklus I dengan kualifikasi cukup (33%), siklus II (83%). Hasil tes menunjukan peningkatan dari siklus I dan siklus II. Dengan demikian pengimplementasian metode demonstrasi dalam pembelajaran membaca  puisi terbukti efektif.


Hal ini tampak dari nilai rata-rata pada siklus I mencapai 64,8 dengan ketuntatasan belajar kelas 33%. Pada siklus ke II nilai rata-rata meningkat menjadi 83,7 dengan ketuntasan belajar kelas 83,3%. Dan terbukti adanya perkembangan aktivitas belajar siswa dari siklus I dengan kualifikasi cukup (C) menjadi kualifikasi baik (B) pada siklus II. Dengan demikian, diharapkan kepada para guru menggunakan metode pembelaran di kelas demi tercapainya kriteria ketuntasan belajar (KKM) setiap kompetensi dasar (KD). Dan salah-satu metode  pembelajaran yang dapat diterapkan adalah metode demontrasi.

Kata Kunci

Student Ability Reading Poetry Demonstration Method Kemampuan Siswa Membaca Puisi Metode Demostrasi

Rincian Artikel