Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan media Audiovisual terhadap peningkatan kemampuan menyimak Cerpen oleh siswa kelas IX SMP Negeri 9 Palopo Kecamatan Telluwanua Kota Palopo. Media sebagai segala sesuatu yang dapat merangsang terjadinya proses belajar pada diri siswa. Dengan adanya alat bantu ini, penguasaan terhadap pelajaran yang diajarkan lebih mudah diserap oleh siswa dan tersimpan dalam ingatannya dalam jangka waktu yang lama. Pengalaman yang menyangkut lebih dari satu indra biasanya akan lebih mudah diingat.


Media audiovisual, bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan menyimak Cerpen siswa kelas IX  SMP Negeri 9 Palopo   karena media ini memiliki keunggulan diantaranya: 1) Menghemat prinsip fisik dan kongkrit bagi pemikiran perseptif dan mengurangi respon verbal dari para siswa yang tidak mereka pahami maknanya. 2) Dapat membangkitkan perhatian siswa. 3) Menjadikan pengalaman para siswa tahan lama pengaruhnya. 4) Membantu berfikir yang sistematis dan kontinyu, khususnya gambar-gambar bergerak. 5) Memberikan andil dalam pertumbuhan makna dan menambah kekayaan verbal para siswa.


Dari penelitian yang telah dilakukan, ada perbedaan antara siswa yang menyimak Cerpen dengan menggunakan media audiovisual dengan siswa yang menyimak Cerpen tanpa menggunakan media audiovisual. Ini dibuktikan oleh perbedaan perolehan rata-rata nilai yaitu 8,5 untuk yang menggunakan media audiovisual dan 5,9 bagi yang tidak menggunakan media audiovisual.


Pengolahan data penelitian yang dilakukan peneliti dengan nilai t, yang menunjukkan bahwa t hitung bernilai 5,1 sedang harga t table menunjukkan 1,67 pada taraf signifikansi 5% dengan taraf kebebasan (db) 64. Jadi harga t hitung lebih besar daripada harga t tabel. Dengan demikian, dilihat dari hasil perhitungan menunjukkan bahwa penggunaan media audiovisual bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan menyimak Cerpen oleh siswa kelas IX SMP Negeri 9 Palopo Kecamatan Telluwanua Kota Palopo.


           

Kata Kunci

Audiovisual Media Ability to Listen to Short Stories Media Audiovisual Kemampuan Menyimak Cerpen

Rincian Artikel