Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini adalah penlitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran prakarya Kelas VIII MTs Annurain Lonrae dengan menggunakan model pembelajaran Diskursus multy reprecentacy. Adapun subjek penelitian sebanyak 20 ornag siswa. Dengan Teknik Pengumpulan data menggunakan tes pada setiap akhir siklus sesuai dengan materi yang diajarkan. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan kalitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pun di temukan bahwa, pada tes awal terdapat siswa yang memenuhi Kriteria KeLULUSan Minimal (KKM) sebanyak 6 Orang siswa atau sekitar 30% dari jumlah keseluruhan siswa sebanyak 20 orang. Siklus I terdapat 10 siswa yang hasil belajarnya menunjukkam kategori tidak LULUS dengan jumlah persetase 50% dan 10 siswa yang hasil belajarnya berada dalam ketegori LULUS dengan persentase 50%. Siklus II terdapat 4 siswa yang hasil belajarnya berada didalam kategori tidak LULUS dalam persentase 20% dan 16 siswa yayang hasil belajarnya masuk dalam kategori LULUS dengan jumlah persentase 80% dan siklus III siswa yang memenuhi kriteria keLULUSan minimal (KKM) terdapat 20 siswa jika di persentasekan 100% , maka dapat disimpulkan dari data yang di dapatkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran Prakarya Kelas VIII MTs Annurain Lonrae Kabupaten Bone mengalami peningkatan setelah dilaksanakan proses belajar mengajar dengan menerapkan model pembelajaran DMR.

Kata Kunci

Learning Outcomes Multi-Representyacy Discourse Hasil Belajar Diskursus Multy Reprecentyacy

Rincian Artikel