Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar murid pada mata pelajaran IPS di kelas IV SInpres 3/77 Arasoe Kabupaten Bone. Objek penelitian ini adalah guru dan  murid kelas IV SD Negeri 235 Cege Kabupaten Bone dengan murid 35 orang yang terdiri dari 20 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang mengkaji hasil belajar IPS murid kelas IV SD Negeri 235 Cege Kabupaten Bone melalui model pembelajaran Cooperative Learning tipe Student Teams-Achievement Devision (STAD). Data diperoleh dari hasil tes belajar, observasi dan catatan lapangan, dimana dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas (PTK) dilakukan dalam dua siklus dengan melalui beberapa tahapan untuk tiap siklus yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menujukkan bahwa pencapaian kriteria hasil belajar murid di tiap siklus mengalami peningkatan. yakni pada siklus I kriteia hasil belajar yang ditunjukkan murid adalah 49% murid memperoleh nilai rata-rata 69 dengan kategori nilai berkuaifikasi sedang atau cukup (C)  meningkat ke siklus II menjadi 94% murid memperoleh nilai rata-rata 82 dengan nilai kategori tinggi atau baik (B). Dengan demikian, penerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar murid pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 235 Cege Kabupaten Bone.

Kata Kunci

Cooperative Learning STAD PTK Pembelajaran Kooperatif STAD PTK

Rincian Artikel