Isi Artikel Utama

Abstrak

Ide awal penelitian ini karena rendahnya pemahaman siswa dalam memahami konsep volume. Hal ini disebabkan karena kurangnya pemahaman guru dalam menanamkan konsep volume balok terhadap siswa. Masalah penelitian ini adalah apakah pemahaman siswa terhadap konsep volume balok di kelas XII TKJ. 1 SMK Negeri 3 Bone dapat ditingkatkan melalui pendekatan matematika realistik. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep volume balok di kelas XII TKJ. 1 SMK Negeri 3 Bone dengan menggunakan pendekatan matematika realistik. Manfaat penelitian ini yaitu dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi perbaikan proses dan hasil pembelajaran volume balok di sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah tindakan yang berdaur ulang/siklus, yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data penelitian ini adalah data aktivitas dan hasil belajar siswa dalam menentukan rumus volume balok dan pengaplikasian rumus  tersebut. Data diperoleh dengan observasi, tes, catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada peningkatan yang berarti, baik pada aktivitas guru maupun siswa pada aktivitas menyelesaikan soal-soal. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada setiap siklus. Siklus 1 kualifikasi kurang (K), sedangkan  siklus 2 kualifikasi baik (B). kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan Pendekatan Matematika Realistik dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep volume balok di Kelas XII TKJ. 1 SMK Negeri 3 Bone Kecamatan Libureng Kabupaten Bone.  

Kata Kunci

Block Volume Realistic Mathematics TKJ Volume Balok Matematika Realistik TKJ

Rincian Artikel