Isi Artikel Utama
Abstrak
Peneletian ini sebagai upaya meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial materi kegiatan ekonomi melalui metode pemberian tugas bagi siswa Kelas V SD Inpres 12/79 Nagauleng Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone. Hasil penelian pada siklus 1 dalam bentuk kualitatif berada kategori baik. Karena diantara 14 siswa jumlah yang mendapat nilai kategori baik sekali 4 orang (29%), yang mendapat nilai kategori baik sebanyak 7 orang (50%), yang mendapat nilai kategori cukup sebanyak 2 orang (14%), yang mendapat nilai kategori kurang sebanyak 1 orang (7%). Sedangkan hasil penilaian pada siklus 2 jumlah yang mendapat nilai kategori baik sekali sebanyak 10 orang (71%), dan yang mendapat nilai kategori baik sebanyak 4 orang (29%), Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil penilaian kualitatif tentang kemampuan siswa materi kegiatan ekonomi sangat signifikan. pada siklus 1 memberikan gambaran bahwa siswa yang mendapat jumlah skor terendah adalah 30, jumlah skor tertinggi adalah 90, rata-rata adalah 72,86, standar deviasi adalah 16,37 dan persentase adalah (80,95%). Sedangkan siklus 2, jumlah skor terendah adalah 80, jumlah skor tertinggi adalah 100, rata-rata adalah 90,71, standar deviasi adalah 8,29, dan jumlah persentase adalah (90,71%). Siklus 1 ke siklus 2 meningkat sebanyak 50 skor, nilai tertinggi dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat sebanyak 10 skor, dan rata-rata dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat sebanyak 17,85 skor, standar deviasi menunjukkan bahwa pengetahuan siswa dari siklus 1 ke siklus 2 semakin berkurang yakni 16,37 pada siklus 1 dan 8,29 pada siklus 2, dan persentase meningkat juga dari siklus 1 ke siklus 2 yakni 80,95 pada siklus 1 dan 90,71 pada siklus 2.
Kata Kunci
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.