Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres 5/81 Kadai dalam pembelajaran peninggalan islam melalui penggunaan metode inkuiri sosial. Objek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD dengan jumlah siswa 43 orang terdiri dari 23 laki-laki dan 20 perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dilakukan dalam tiga siklus melalui beberapa tahapan untuk tiap siklus yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS terhadap materi Peninggalan Sejarah Islam di Indonesia menggunakan metode inkuiri sosial pada siswa kelas IV menunjukkan bahwa data awal hasil belajar hasil belajar siswa pada pelajaran IPS terhadap materi Peninggalan Sejarah Islam di Indonesia 34,88% atau 15 orang anak yang memperoleh nilai ≥ 70. Hal ini mengalami peningkatan pada Siklus I yang memperoleh nilai ≥ 70 yaitu 51,28% atau 20 orang siswa. Selanjutnya pada Siklus II meningkat lagi siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 yaitu 81,39% atau 35 orang siswa, dan pada Siklus III siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 meningkat lagi yaitu 100% atau 43 orang. Dapat disimpulkan bahwa siswa dalam mengikuti tahap-tahap metode Inkuiri Sosial menunjukkan respon positif mereka termotivasi untuk belajar, karena mereka harus secara maksimal untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis,sehingga mereka dapat merumuskan sendiri penemuannya dengan percaya diri. Berdasarkan hal-hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode inkuiri sosial pada pelajaran IPS dalam materi peninggalan sejarah Islam di Indonesia pada siswa kelas IV SD Inpres 5/81 Kadai memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap peningkatan hasil belajar IPS.
Kata Kunci
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.