Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui pendekatan pemecahan masalah pada siswa kelas VII.B SMP Negeri 9 Watampone.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan tahapan pelaksanaan meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan reflesi.  Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B  SMP Negeri 9 Watampone  semester dua tahun pelajaran 2015/2018 dengan jumlah 32 orang yang terdiri dari 17 orang laki-laki dan 15 orang perempuan, kelas tersebut paralel dengan 3 kelas  jumlah siswa 95 orang yang terdiri dari 50 orang laki-laki dan 45 orang perempuan.Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus. Siklus I dilaksanakan selama 4 kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan 4 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perubahan pada sikap baik berupa perhatian, motivasi, maupun kesungguhan siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar di kelas. meningkatnya frekuensi kehadiran siswa dari siklus I sebanyak 97,91 % selama 4 kali pertemuan menajdi 100 % dengan 4 kali pertemuan pada siklus II berarti ada peningktan sebesar 2,19%.nilai hasil belajar matematika siswa memiliki kecenderungan meningkat seiring dengan penggunaan strategi pembelajaran yang kondusif. Ada indikasi bahwa nilai hasil belajar matematika siswa meningkat jika situasi pembelajaran dapat memotivasi dan mengaktifkan siswa untuk mengaktualisasikan, mendayagunakan dan mengembangkan potensi siswa secara optimal. Berdasarkan bukti empiris yang ditemukan ternyata bahwa pengelolaan kegiatan belajar mengajar melalui penggunaan pendekatan pembelajaran pemecahan masalah dapat meningkatkkan hasil belajar dan keaktipan belajar matematika di SMP Negeri 9 Watampone Kabupaten Bone Sulawesi Selatan.


 

Kata Kunci

Matematika Pemecahan Masalah PTK

Rincian Artikel