Isi Artikel Utama
Abstrak
Masalah terpenting dalam pembelajaran adalah bagaimana meningkatkan aktivitas belajar siswa. Aktivitas belajar siswa menjadi sangat penting dalam menentukan mutu proses yang terjadi. Aktivitas belajar siswa ditentukan pula oleh model pembelajran yang digunakan. Komponen aktivitas belajar siswa, model pembelajaran, dan peningkatan hasil belajar menjadi satu dalam hubungan fungsional karena satu sama lain saling menunjang. Masalah rendahnya aktivitas belajar dan prestasi belajar siswa pada kompetensi dasar ″Teorema sisa dan Teorema faktor″ menjadi serius untuk segera diatasi.
Berdasarkan catatan dokumentasi tentang hasil belajar dari ulangan harian yang diadakan pada kompetensi dasar ″menggunakan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah″ rerata tingkatan masih berada di bawah kriteria ketuntasan minimal. Rerata tingkatan mencapai 64,5 sedangkan kriteria ketuntasan minimal 65. Hal ini mengasumsikan bahwa masih banyak siswa yang belum tuntas pada kompetensi dasar tersebut sehingga menjadi masalah yang perlu untuk segera diatasi.
Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaborasi di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Palopo dengan guru mata pelajaran yang sejenis. Masalah yang menjadi fokus penelitian adalah: (1) apakah penggunaan Pembelajaran Kooperatif dengan Model Student Team Achievement Divisiont (STAD) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pelajaran matematika di Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Palopo, dan (2) apakah penggunaan Pembelajaran Kooperatif dengan Model Student Team Achievement Divisiont (STAD) dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa di Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Palopo. Data penelitian dijaring dengan menggunakan lembar observasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif. Analisis ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan tingkat aktivitas belajar, dan tingkat hasil belajar matematika yang tercapai sebagai kontribusi dari metode pembelajaran yang telah diterapkan dalam pembelajaran.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Palopo Melalui Pembelajaran Kooperatif dengan Model Student Team Achievement Divisiont (STAD) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika di Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Palopo, dan (2) Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Palopo Melalui Pembelajaran Kooperatif dengan Model Student Team Achievement Divisiont (ST) dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa di Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Palopo.
Kata Kunci
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.