Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa kelas VI SD Negeri 8 Watampone Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone  melalui Model Teams Games Tournament (TGT) pada pembelajaran IPA. Langkah-langkah persiapan yang telah direncanakan untuk pelaksanaan penelitian berjalan sesuai dengan rencana, dari mulai pembuatan Rencana Penelitian sampai pembuatan instrumen yaitu lembar observasi untuk rencana pelajaran, lembar observasi untuk aktivitas guru dalam mengajar dan lembar observasi untuk kegiatan siswa dalam belajar, telah berhasil menjaring data sebagai hasil penelitian.


Pelaksanaan pembelajaran pada siklus I ketuntasan klasikal 56.67% (17 dari 30 siswa) dengan nilai rata-rata kelas adalah 67.17 dan pada siklus II meningkat menjadi 88% (27 dari 30 siswa) dengan nilai rata-rata 83,5. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan adalah ≥ 65. Sebaran nilai pada siklus I dengan nilai terendah 40 dan nilai tertinggi 90, sedangkan siklus II sebaran nilai berkisar dari nilai terendah 60 dan nilai tertinggi 100. Model ini unggul dalam membantu siswa memahami konsep-konsep yang sulit. Siswa pada kelompok bawah maupun atas bekerjasama menyelesaikan tugas-tugas akademik, siswa kelompok atas menjadi tutor bagi siswa kelompok bawah.


Implikasi hasil penelitian ini yaitu adanya peningkatan kualitas pembelajaran IPA yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar melalui model TGT pada kelas VI SD Negeri 8 Watampone Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone . Selain itu Implikasi yang di dapat dari penelitian ini ada tiga hal, yaitu implikasi teoritis, implikasi praktis, dan implikasi paedagogis.

Kata Kunci

Model Teams Games Tournament

Rincian Artikel