Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 9 Watampone Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas VII SMP Negeri 9 Watampone Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone.
Pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe TPS dalam penelitian ini meliputi tiga tahap, yaitu tahap think, tahap pair, dan tahap share. Tingkat pencapaian siswa terhadap materi menulis narasi sudah cukup optimal, sebagimana yang telah ditetapkan pada awal tahun, kriteria ketuntasan belajar yang disepakati adalah ketuntasan belajar minimal 70% dengan nilai rata-rata kelas minimal 70. Penentuan tingkat ketuntasan tersebut sesuai dengan yang dikemukankan Sumantri (Sudrajat,2009: 3) menyatakan bahwa 85% - 100% dikategorikan baik sekali, 70% - 84% dikategorikan baik, 55% - 69% dikategorikan cukup, 46-54% dikategorikan kurang cukup, 0-45% dikategorikan sangat kurang. Hasil evaluasi setiap akhir pembelajaran menunjukan bahwa pada siklus I nilai rata-rata kelas mencapai 61,79. Sedangkan ketuntasan belajar mencapai 57,14%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas mencapai 73,93. Sedangkan ketuntasan belajar mencapai 78,57%.
Berdasarkan hasil evaluasi pada pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS, ditemukan bahwa pada dasarnya pembelajaran kooperatif ini memiliki potensi cukup baik untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi. Hal ini ditunjukan ketuntasan belajar setiap siklus mengalami peningkatan yaitu siklus I (57,14%) siklus II naik menjadi (78,57%). Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe TPS merupakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis narasi.
Berdasarkan nilai rata-rata kelas dan ketuntasan belajar yang dicapai siswa pada setiap akhir pembelajaran tersebut dari siklus I hingga ke siklus II menunjukan peningkatan yang baik. Hal ini dapat di interprestasikan bahwa peningkatan keterampilan terhadap menulis narasi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat mencapai hasil belajar baik.
Kata Kunci
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.