Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep luas persegi dan persegi panjang dengan menggunakan pendekatan konstruktivistik di kelas III SD Inpres 3/77 Araseo Kab. Bone. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SD Inpres 3/77 Araseo Kab. Bone dengan jumlah siswa 28 orang yang terdiri dari 15 laki-laki dan 13 perempuan. Jenis data yang diperoleh meliputi data kualitatif dan data kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes belajar, observasi dan catatan lapangan, dimana dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas (PTK) dilakukan dalam tiga siklus dengan melalui beberapa tahapan untuk tiap siklus yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata yang dicapai siswa pada setiap akhir pembelajaran tersebut dari sikus I ke siklus III menunjukkan peningkatan yang baik. Hal ini dapat diinterprestikan bahwa siswa sudah mengalami peningkatan pemahaman dalam menghubungkan suatu konsep dengan konsep yang lainnya. Dengan demikian pembelajaran melalui pendekatan konstruktivistik dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap pembelajaran konsep luas segi empat yang dilaksanakan dalam tiga tahap pembelajaran. Pemahaman siswa yang baik terhadap konsep luas segi empat mengindikasikan bahwa pendekatan konstruktivistik memungkinkan untuk dijadikan sebagai salah satu model pembelajaran dalam meningkatkan prestasi siswa matematika khususnya di sekolah dasar.

Kata Kunci

Luas Segi Empat Pendekatan Konstruktivistik PTK

Rincian Artikel