Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa kelas IV SD Inpres 5/81 Kampuno Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone melalui Sharing dan Media Audio Visual pada pembelajaran agama. Langkah-langkah persiapan yang telah direncanakan untuk pelaksanaan penelitian berjalan sesuai dengan rencana, dari mulai pembuatan rencana penelitian sampai pembuatan instrumen yaitu lembar observasi untuk rencana pelajaran, lembar observasi untuk aktivitas guru dalam mengajar dan lembar observasi untuk kegiatan siswa dalam belajar, telah berhasil menjaring data sebagai hasil penelitian.


Pada Pelaksanaan pembelajaran siswa yang diperoleh  dari hasil tes tertulis 71,4%. yang tuntas. Sedangkan daya serap siswa adalah 74,4 %. Di samping itu masih terdapat 10 orang siswa 28,6 % yang belum tuntas Sehingga dengan melihat kenyataan ini diperlukan tindakan lebih lanjut karena belum mencapai kriteria keberhasilan siswa dalam belajar. Setelah dilakukan tindakan perbaikan melalui langkah-langkah perbaikan sebagaimana  pada uraian sebelumnya, maka  pada siklus II terjadi peningkatan pada situasi pembelajaran dan  hasil belajar  siswa baik pada proses pembelajaran maupun akhir pelajaran  yaitu : Hasil belajar yang diperoleh siswa melalu tes tertulis pada akhir pelajaran untuk siklus I  terdapat 25 siswa (71,4 %) yang telah mencapai ketuntasan belajar dan masih terdapat 10  siswa  (28,6 %) yang belum mencapai ketuntasan belajar dengan  daya serap siswa mencapai 74,4 %. Pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 35 orang (100 %) yang  mencapai ketuntasan dalam belajar dengan daya serap siswa mencapai 83,9 %. Pengamatan tentang aktivitas siswa dalam pelaksanaan pembelajaran pada siklus I, yaitu 25 siswa (71.42%) yang aktif dan 10 siswa (28,6 %) yang cukup aktif. Pada siklus kedua siswa yang aktif meningkat menjadi  32 orang (91,4%). Pengamatan tentang kegiatan belajar mengajar pada siklus I 10 aspek (71.42%) yang memperoleh kriteria baik dan 4 aspek (28.57 %) yang memperoleh kriteria cukup. Pada siklus kedua meningkat menjadi  12 aspek (85.71 %).


Demikian pula pada pelaksanaan  pembelajaran terjadi peningkatan. Pengamatan tentang kegiatan belajar mengajar pada siklus I yaitu 10 aspek (71.42%) yang memperoleh kriteria baik dan 4 aspek (28.57 %) yang memperoleh kriteria cukup. Pada siklus kedua meningkat menjadi  12 aspek (85.71 %). Aktivitas siswa pada siklus I, 25 orang siswa (71,4%) yang aktif, dan 10 orang (28,6 %) yang cukup aktif. Pada siklus II meningkat menjadi 32 siswa (91,4 %) yang aktif dan 3 (8,6%) orang siswa yang cukup aktif.

Kata Kunci

Sharing Media Audio Visual

Rincian Artikel