Isi Artikel Utama

Abstrak

Tujuan Penelitia ini adalah untuk mengetahui apakah pemahaman konsep pengurangan bilangan bulat dapat ditingkatkan melalui pendekatan pembelajaran kontekstual pada siswa kelas VI SD Inpres 5/81 Awo I. Objek dari penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Inpres 5/81 Awo I, dengan jumlah 24 siswa. Jenis data yang diperoleh adalah data data kuantitatif dan data kualitatif yang terdiri dari hasil tes belajar, hasil observasi dan hasil wawancara. Tindakan dalam penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus melalui empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dalam penelitian ini, pembelajaran mengacu kepada tujuh komponen utama pendekatan kontekstual konstruktivisme (Constructivism), bertanya (Questioning), menemukan (Inquiry), masyarakat belajar (Learning Community), pemodelan (Modeling), refleksi Reflection), dan penilaian sebenarnya ( Autentik Assessment). Dari paparan data dan pembahasan diperoleh kesimpulan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep pengurangan bilangan bulat, yaitu: (a) mengingatkan kembali pengetahuan yang telah dipelajari sebelumnya sebagai pengetahuan prasyarat atau penunjang dalam mempelajari operasi pengurangan bilangan bulat, (b) membagi kelas dalam beberapa kelompok dan memberikan LKS pada setiap kelompok guna menyelesaikan permasalahan secara bersama-sama, (c) penyajian materi diawali dengan mengkaitkan materi dengan lingkungan sekitar siswa, memperlihatkan siswa alat peraga kepingan karton bilangan bulat dan membiarkan siswa mengutak-atiknya, (d) memberikan soal-soal latihan pada setiap akhir pembelajaran agar materi yang dipelajari dapat lebih dipahami, (e) membantu dan membimbing siswa terutama siswa yang ketinggalan dalam pelajarannya pada saat pembelajaran berlangsung.

Kata Kunci

Konsep Pecahan Pendekatan Kontekstual Bilangan Bulat

Rincian Artikel