Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep keliling persegi panjang dengan menggunakan alat peraga melalui Pendekatan Matematika Realistik di kelas III SD Negeri 214 Watu Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. Objek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III di SD Negeri 214 Watu dengan jumlah siswa 26 orang yang terdiri dari 7 orang laki-laki dan 19 orang perempuan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan data yang diperoleh meliputi data kualitatif dan data kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes belajar, observasi dan catatan lapangan, dimana dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas (PTK) dilakukan dalam tiga siklus dengan melalui beberapa tahapan untuk tiap siklus yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa dalam mengikuti pembelajaran keliling persegi panjang menunjukan respon positif. Mereka termotivasi untuk belajar, karena mereka meras menemukan konsep matematika. Siswa bekerja sama dalam kelompok dengan memanipulasi alat peraga yaitu papan berpaku, persegi satuan dan benang/tali. Alat peraga ini digunakan siswa dalam mengenal konsep persegi panjang dan menentukan keliling persegi panjang. Dengan demikian, pembelajaran dengan menggunakan alat peraga papan berpaku dan persegi satuan melalui pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi konsep dan keliling persegi panjang.
Kata Kunci
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.