Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan: 1) untuk menyelidiki apakah Instruksi Berbasis Strategi memiliki pengaruh signifikan terhadap keterampilan berbicara mahasiswa di STKIP Muhammadiyah Bone; 2) untuk menyelidiki apakah mahasiswa di STKIP Muhammadiyah Bone tertarik untuk belajar bahasa Inggris melalui Strategi Berbasis Petunjuk. Peneliti menerapkan desain eksperimen semu. Penelitian ini dirancang menjadi dua kelompok, kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Total siswa kelompok eksperimen adalah 30 dan total siswa kelompok kontrol adalah 30. Hasil analisis data menunjukkan bahwa skor rata-rata kelompok eksperimen dalam post test adalah 70,37, sedangkan skor rata-rata kelompok kontrol adalah 59,63. Ini berarti bahwa skor rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Itu dibuktikan dengan perbandingan skor rata-rata pretes dan postes. Perbedaan skor rata-rata pretes dan postes kelompok eksperimen secara statistik signifikan. Sedangkan persentase respons Mahasiswa dari angket adalah 89,63. Artinya, mahasiswa tertarik untuk belajar berbicara melalui instruksi berbasis strategi. Berdasarkan temuan tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa implementasi pengajaran berbasis strategi lebih efektif dalam mengembangkan keterampilan berbicara pada mahasiswa jurusan bahasa Inggris STKIP Muhammadiyah Bone

Kata Kunci

Instruksi Berbasis Strategi keterampilan berbicara mahasiswa.

Rincian Artikel